Program pendidikan karakter secara dokumen diintegrasikan ke
dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) mulai dari visi, misi, tujuan,
struktur dan muatan kurikulum, kalender pendidikan, silabus, Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
Pelaksanaan pendidikan karakter melibatkan seluruh warga
sekolah, orang tua peserta didik, dan masyarakat sekitar.
Pengembangan kurikulum yang mengintegrasikan pendidikan karakter dilakukan melalui tahapan
perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan pengembangan
TAHAPAN
IMPLEMENTASI PENDIKAR
- Sosialisasi
Melakukan sosialisasi dan membuat
komitmen seluruh warga sekolah, orangtua peserta didik, komite sekolah, dan
masyarakat setempat untuk mendukung pelaksanaan pendikar
- Perencanaan
a.
Melakukan analisis konteks
b.
Menyusun
Rencana Aksi Sekolah
3 3. PELAKSANAAN
a.
Mengintegrasikan nilai-nilai karakter ke dalam dokumen
KTSP, silabus, dan RPP
b.
Melakukan pengkondisian (pengadaan sarana, keteladanan,
pemberdayaan, workshop & pendampingan guru)
4 4. EVALUASI
a.
Melakukan penilaian keberhasilan menggunakan indikator
perilaku seluruh warga sekolah dan kondisi sekolah yang teramati
b. Melakukan supervisi dengan menelaah kembali perencanaan,
kurikulum dan pelaksanaan semua kegiatan
5 5. Pengembangan
a.
Menetapkan/menentukan nilai karakter baru yang
akan dikembangkan
b.
Menemukan cara-cara baru dalam mengembangkan
nilai-nilai karakter
c.
Memperkaya sarana dan prasarana yang mendukung
pelaksanaan nilai-nilai karakter yang dipilih
d.
Meningkatkan komitmen dan kesadaran masyarakat
untuk mendukung program pendidikan karakter
Tidak ada komentar:
Posting Komentar